Sabtu, 02 Maret 2013

Review Film Le Grand Voyage



Film ini sudah lama ada di daftar koleksi Hard Disk saya namun baru 2 hari yang lalu saya baru sempat menontonnya. Film arahan Sutradara Ismael Ferroukhi ini di rilis pada tahun 2004, ya film yg sudah lawas memang tapi tetap menarik untuk di tonton.

Film Le Grand Voyage adalah film yang menceritakan perjalanan naik haji seorang Ayah (Mohammed Majd) dengan ditemani oleh anaknya Reda (Nicholas Cazale) menggunakan mobil dari Perancis ke Mekkah yang jauhnya kira-kira 3000 mil. Selama perjalanan tersebut mereka mendapat banyak cobaan salah satunya adalah ketika uang mereka dicuri dan ditambah lagi konflik yang terjadi antara ayah dan anak ini yang memang dari awal perjalanan sudah memiliki hubungan yang tidak harmonis. Sang anak (Reda) sering membangkang dan selalu terjadi perbedaan pendapat dengan sang ayah, dan puncak konfliknya adalah ketika di sela-sela waktu istirahat mereka selama perjalanan reda ketahuan mabuk-mabukan dan bermain dengan wanita malam. Di akhir cerita Sang ayah meninggal dunia ketika sedang menunaikan ibadah haji dan itu membuat reda sangat terpukul dan menyesali segala perbuatannya selama ini namun dengan begitu reda mendapatkan pelajaran berharga dari peristiwa ini sehingga menjadikan dia seorang muslim yang baik.

Banyak manfaat dan pelajaran yang bisa kita dapatkan dari film ini salah satunya yaitu kita sebagai seorang muslim haruslah meniatkan untuk menunaikan ibadah haji yang merupakan Rukun Islam ke 5 sebelum ajal menjemput. Pelajaran berharga lainnya adalah kita harus tetap percaya akan pertolongan Allah SWT ketika kita sedang mengalami kesusahan.

Film ini sangat layak untuk di tonton dan mungkin akan bisa membuat anda lebih religius nantinya, menurut penilaian pribadi film ini saya berikan rating 7,5/10, selamat menonton.

Tidak ada komentar: