Sabtu, 16 Februari 2013

Review : Film dan Buku Life of Pi

 


Akhir tahun 2012 saya berlibur ke Jakarta untuk merayakan tahun baru disana dan tempat yang pertama kali saya kunjungi tentu Bioskop dikarenakan di Aceh tempat saya tinggal belum ada bioskop. Setelah beberapa hari menonton film 5cm dan Habibie & Ainun karena memang film ini sedang booming pada saat itu saya kebingungan film apa yg menarik berikutnya yang akan saya tonton. Saya mulai search di google mengenai film-film yg bagus dan saya tertarik dengan film Life of Pi ini.

Life of Pi menceritakan tentang Pi Patel (Suraj Sharma) adalah remaja yang tinggal di Pondicherry, India. Karena pergolakan politik saat itu, sang ayah, Santosh Patel (Adil Hussain), memutuskan membawa keluarga kecilnya tersebut pindah ke Kanada. Dengan memboyong seluruh penghuni yang mengisi kebun binatang mereka, keluarga Patel menumpang pada kapal barang milik Jepang. Namun sebelum mencapai Kanada, kapal tersebut karam akibat terjangan badai. Hingga hanya menyisakan Pi yang harus bertahan hidup bersama harimau Bengali bernama Richard Parker dalam sebuah sekoci.

Film ini sangat luar biasa dan salah satu Masterpiece dari beberapa film yang pernah saya tonton, kisah nya sangat mengharukan, lucu dan juga menengangkan. Bisa di bayangkan seorang anak 16 tahun terdampar di sebuah sekoci bersama seekor harimau dan dia harus bertahan hidup di samudera pasifik. Yang membuat menarik adalah Pi tidak berniat mencoba membunuh harimau tersebut agar dia bisa dengan tenang dan aman hidup didalam sekoci karena hal yang membuat dia bertahan hidup adalah justru karena kehadiran harimau itu yang membuat dia masih punya harapan dengan adanya kesibukan dalam merawat dan menjinakkan harimau itu, karena jika dia hanya merenung dan meratapi kesedihan tentu dia akan kehilangan semangat hidupnya jadi bisa dikatakan harimau itu adalah alasan mengapa dia masih bertahan hidup.

Selain itu kisah Life of Pi akan membawa kita lebih mengenal sosok Tuhan dari sudut pandang yg berbeda dan tidak dari agama tertentu, Kisah nya membawa ketrentaman dan ketenangan jiwa yang sangat mendalam bahkan sampai saat ini saya masih terngiang-ngiang betapa luar biasanya kisah ini ditambah lagi soundtrack lagunya yg begitu menyatu dengan alur cerita, coba anda dengarkan lagu Mychael Danna - Pi's Lullaby.

Untuk mengobati rasa rindu akan Film ini saya pun mencoba membaca novel nya. Novelnya sendiri menurut saya lumayan bagus karena detail-detail dari cerita yang tidak dijelaskan di film bisa kita ketahui tapi saya kurang begitu menikmati membaca novelnya karena tidak banyak dialog dan kita dipaksa berimajinasi untuk memahami kisahnya beruntung saya sudah terlebih dahulu menonton filmnya jadi saya tidak begitu kesulitan dalam memahami alur cerita di novel ini.

Menurut penilaian pribadi, saya memberikan nilai 9,5/10 untuk film nya dan 6,5/10 untuk novelnya.

Tidak ada komentar: